Faktor Penyebab ASI Kekeringan


Penyebab Produksi ASI Tidak LancarSudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa manfaat ASI untuk bayi tidak perlu diragukan lagi. Sebagai makanan awal paling alami, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan dapat  meningkatkan imunitas bayi. Namun, beberapa ibu terkadang mengalami kendala dalam menyusui, misalnya produksi ASI yang terlalu sedikit.

Sebuah riset menemukan sekitar 15 persen ibu menyusui rata-rata 3 minggu setelah melahirkan mengalami masalah produksi ASI yang sangat sedikit dan tidak bisa memenuhi kebutuhan bayinya.

Untuk mengatasi kekeringan ASI payudara harus dipompa setiap hari untuk mengaktifkan kelenjar susu. Manajemen ASI yang buruk seperti tidak menyusui dapat mengakibatkan sedikitnya pasokan ASI.


BACA:  Tanda-Tanda Keguguran Ibu Hamil

Faktor yang dapat menyebabkan kekeringan ASI :

 
  • Ketidakmampuan bayi menghisap ASI dengan baik membuat payudara kurang mendapatkan rangsangan untuk mengeluarkan ASI.
  • Bayi yang lahir prematur biasanya mudah lelah saat menghisap payudara ibu, akibatnya pengeluaran ASI menjadi tidak maksimal.
  • Gaya hidup ibu yang tidak sehat menyebabkan kelenjar susu tidak bisa menghasilkan ASI dalam jumlah memadai.
  • Kapasitas penyimpanan ASI  yang sedikit berkaitan dengan jaringan kelenjar fungsionalnya dan tidak berhubungan dengan ukuran payudara ibu.

Hampir 4 persen ibu yang mengalami pasokan ASI rendah memiliki masalah medis tertentu seperti masalah pada kelenjar tiroid, gangguan hormonal, pernah melakukan operasi payudara, atau mengalami pendarahan berat ketika melahirkan.

BACA:  Perubahan Payudara Saat Kehamilan

Selain itu, pasokan ASI yang sedikit juga bisa dipengaruhi paparan pestisida. Penelitian tahun 2006 menemukan anak perempuan dari ibu hamil yang tinggal di daerah pertanian yang terpapar pestisida memiliki kelenjar susu lebih sedikit ketimbang anak perempuan yang tinggal di tempat sehat.

Rendahnya pasokan ASI juga bisa dipengaruhi masalah kesuburan, contohnya wanita dengan kondisi yang dapat mangakibatkan masalah ovulasi (Polycystic Ovary Syndrome) memiliki kelenjar susu yang kurang berfungsi dengan baik.

Segeralah berkonsultasi dengan konsultan laktasi bila pasokan ASI Anda sangat rendah untuk dilakukan pemeriksaan seperti mengidentifikasi faktor risiko, mengevaluasi banyaknya ASI yang keluar setiap kali menyusui dan akan memperbaiki drainase susu dengan membantu memompa payudara dengan tepat.

BACA:  Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui

Untuk meningkatkan pasokan ASI biasanya konsultan laktasi menyarankan suplemen herbal, seperti fenugreek, daun katuk, dan adas. Anda mungkin juga perlu mengubah diet dengan makan makanan yang lebih bergizi dan mencukupi kebutuhan sayuran hijau dan buah-buahan.

Selain itu, di rekomendasikan pula obat resep seperti Domperidone, yang terbukti aman untuk penggunaan jangka panjang pada dosis yang tepat.

JANGAN LEWATKAN