Tips Merubah Kebiasaan Anak yang Suka Mengompol


Usia anak-anak memang penuh tantangan bagi kedua orang tua. Salah satunya adalah tentang kebiasaan buang air di kamar mandi. Tidak sedikit anak yang usianya dirasa sudah cukup besar tetapi masih mempunyai kebiasaan pipis di celana alias mengompol.

Dalam ilmu kedokteran, mengompol disebut sebagai Noctural Enuresis, artinya kondisi dimana seseorang tidak mampu menahan keluarnya air kencing.

Kebanyakan anak kecil tidak “aware” jika sudah merasa ingin pipis, kadang juga mereka merasa jika hendak buang air kecil, tapi tidak bisa menahan atau malas sehingga akhirnya mengompol di celana.


Tips Merubah Kebiasaan Anak yang Suka Mengompol

 

Jika sudah seperti ini, terkadang orang tua merasa kesulitan untuk mencari solusinya. Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba praktekkan untuk menghentikan kebiasaan mengompol si kecil:

Peranan Orang Tua

Yang paling utama adalah niat dan ketekunan kedua orang tua untuk merubah kebiasaan si kecil, termasuk tidak malas mengingatkan si kecil, mengajak anak ke kamar mandi.

BACA:  Penyebab Bayi Muntah Saat Di Beri ASI

Jadwal Rutin ke Toilet

Beri jadwal rutin anak untuk diajak ke kamar mandi. Misalkan setiap satu setengah atau dua jam, tawarkan anak untuk pipis. Jika anak tidak mau cobalah rayu agar anak mau diajak ke kamar mandi. Frekuensi ini bisa semakin jarang seiring dengan pertambahan usia anak,

Waspada Terhadap Tingkah Laku Anak

Biasanya jika sudah merasa ingin buang air kecil, anak akan menunjukkan perilaku tertentu. Gelisah, terus menggerakkan daerah pantat, atau memegangi alat kemaluannya. Orang tua harus dapat membaca perilaku ini. Segera ajak ke kamar mandi jika anak sudah menunjukkan tanda-tanda ingin buang air kecil.

Biasakan Anak Pipis Sebelum Tidur

Biasakan untuk mengajak anak buang air kecil sebelum tidur, sekalipun jika kondisi anak atau kondisi Anda sudah benar-benar lelah dan mengantuk. Kebiasaan ini akan mencegah anak mengompol pada saat tidur malam.

BACA:  Nutrisi Penting Bagi Balita

Jika anak biasa minum susu atau air putih sebelum tidur, Anda harus membunyikan alarm pada jam-jam tertentu untuk membangunkan si kecil dan mengajaknya ke kamar mandi. Ingat, ketekunan Andalah yang paling berpengaruh di poin ini. Selama masa ini, Anda bisa memakaikan diapers pada si kecil.

Ajarkan anak untuk bisa mengendalikan kandung kemihnya

Jika anak sudah berkata kepada Anda bahwa dia ingin buang air kecil, mintalah dia untuk menahan sebentar sambil berjalan menuju kamar mandi.

Khusus untuk anak laki-laki, hindari mengajarkan anak untuk buang air sambil berdiri di sembarang tempat, misal di depan rumah. Tetap ajak anak ke kamar mandi untuk buang air kecil. Dengan begini, secara tidak langsung anak akan belajar mengontrol otot kandung kemihnya.

Berikan konsekuensi jika anak mengompol

Misalkan mengajak untuk mencuci sprei atau mencuci celana yang terkena ompol, mengambil pel dan membersihkan lantai bekas ompolnya. Dengan begitu anak akan belajar bertanggung jawab dan lebih mengetahui konsekuensi yang dihadapi jika mengompol.

BACA:  Gangguan Bayi Yang Baru Di Lahirkan

Berikan pujian jika anak tidak mengompol

Sampaikan bahwa Ayah/Bunda senang karena anak tidak mengompol, sampaikan jika anak ibu hebat, pintar, dsb sehingga anak akan lebih percaya diri.

Gunakan Training Pants

Anda juga bisa menggunakan training pants (celana untuk toilet raining) untuk melatih anak pipis di kamar mandi. Dengan training pants, air kencing si kecil tidak akan jatuh ke lantai, tetapi anak akan merasakan tidak nyaman karena celana tersebut akan tetap basah. Dengan rasa tidak nyaman ini, diharapkan anak akan lebih memilih untuk ke kamar mandi jika merasa ingin buang air kecil.

Nah bunda, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih anak supaya tidak mengompol lagi. Semoga bermanfaat!

JANGAN LEWATKAN