Cara Menyembuhkan Pembengkakan Payudara dan Puting Susu Yang Sakit


https://www.dokteranak.web.id/artikelBagaimana saya mencegah atau menyembuhkan pembengkakan?

Ketika susu anda mulai diproduksi, payudara dapat melakukannya dengan sangat cepat. Jika bayi anda belum menyusu dengan maksimal, ini dapat mengakibatkan payudara sakit dan bengkak (membesar), pembesaran dapat menyeabkan mastitis (infeksi payudara) yang dapat berkembang menjadi abses payudara bila tidak diobati.

Jadi penting untuk segera mengobati pembengkakan. Tetaplah mengosongkan payudara anda, baik dengan menyusui bayi anda atau dengan memompanya.


Cobalah mengeluarkan sedikit susu sebelum mulai menyusui bila putting susu anda terlalu penuh untuk memungkinkan bayi melekat. Anda tidak perlu selalu mengosongkan payudara, menyusuilah dengan sedikit dan sering lebih baik sampai masalah teratasi.

 
BACA:  Kebiasaan Buruk Selama Puasa Ramadhan

Bagaimana saya mencegah/menyembuhkan putting susu yang sakit atau pecah-pecah.

Untuk mencegah, pastikan bayi anda menyusu dengan benar dan tidak menarik puting saat anda melepaskannya dari payudara. Untuk menyembuhkan putting, biarkan payudara mendapat udara sesering mungkin dan rajinlah mengganti bantalan payudara setiap usai menyusui.

Mengoleskan sedikit susu atau air liur pada putting dan membiarkannya kering juga dapat membantu dan juga mungkin sama efektifnya dengan menggunakan berbagai krim putting di pasar.

Anda harus tetap menyusui bayi dengan payudara yang sakit, bila tidak payudara mungkin akan membengkak. Jika perlu, kosongkan payudara yang sakit apabila terlalu menyakitkan untuk menyusui bayi pada sisi tersebut. Pelindung putting susu juga dapat membantu, meskipun bayi mungkin tidak menyukainya.

JANGAN LEWATKAN