Penggunaan Partograf dalam Persalinan


https://www.dokteranak.web.id/artikelPartograf

Partograf adalah alat bantu yang digunakan  selama persalinan. Tujuan utama penggunaan partograf adalah untuk:

1. Mencatat hasil observasi dan kemajuan persalinan dan


2. Mendeteksi apakah proses persalinan berjalan secara normal.

 

Dengan demikian, juga dapat dilaksanakan deteksi secara dini, setiap kemungkinan terjadinya partus lama. Jika digunakan secara tepat dan konsisten, partograf akan membantu penolong persalinan untuk mencatat kemajuan persalinan, kondisi ibu dan janin, asuhan yang diberikan selama persalinan dan kelahiran, serta menggunakan informasi yang tercatat, sehingga secara dini mengidentifikasi adanya penyulit persalinan, dan membuat keputusan klinik yang sesuai dan tepat waktu.

BACA:  Diferensiasi Aktivitas Uterus

Penggunaan partograf secara rutin akan memastikan ibu dan janin telah mendapatkan asuhan persalinan secara aman dan tepat waktu. Selain itu, dapat mencegah terjadinya penyulit yang dapat mengancam keselamatan jiwa mereka.

Penggunaan Partograf

World Health Organization (WHO,2000) telah memodifikasi partograf agar lebih sederhana dan lebih mudah digunakan. Fase laten telah dihilangkan, dan pencatatan pada partograf dimulai dari fase aktif ketika pembukaan serviks 4 cm.

Partograf harus digunakan untuk

1. Semua ibu dalam fase aktif kala satu persalinan sampai dengan kelahiran bayi, sebagai elemen penting asuhan persalinan

BACA:  Mengetahui Tanda-Tanda Hamil Kembar

2. Semua tempat pelayanan persalinan (rumah, puskesmas, klinik bidan swasta. Rumah sakit, dan lain-lain);

3. Semua penolong persalinan yang memberikan asuhan kepada ibu selama persalinan dan kelahiran (spesialis obstetric dan ginekologi, bidan, dokter umum, residen, dan mahasiswa kedokteran).

 

JANGAN LEWATKAN