Mengetahui Penyebab Bayi Sungsang


Mengetahui Penyebab Bayi SungsangKehamilan sungsang atau posisi sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas sehingga pada saat persalinan normal, pantat atau kaki si bayi yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal.

Bayi sungsang atau bayi sunsang atau breech babies merupakan salah satu sebab kegelisahan ibu hamil, tidak hanya gelisah bahkan merupakan momok yang menakutkan bagi ibu hamil selain bahaya perdarahan.

Bayi sungsang ini sebetulnya bisa dikembalikan ke posisi normal jika tidak terlambat mengetahui posisi bayi diperut, oleh karena itu rutin-rutinlah untuk memeriksakan kehamilan ke bidan atau dokter untuk mengetahui kondisi bayi sedini mungkin.


Melahirkan secara normal adalah keinginan setiap wanita, namun terkadang ada beberapa hal yang membuat mereka harus melahirkan buah hatinya secara caesar.

 

Salah satu keadaan yang dikahawatirkan oleh sebagian besar wanita hamil yaitu jika calon buah hati yang mereka kandung dalam keadaan sungsang. Apakah sebenarnya sungsang tersebut, dan mungkinkah seorang ibu hamil yang posisi janinnya sungsang wajib menjalani operasi caesar saat melahirkan.

Penyebab Bayi Sungsang

Terdapat beberapa faktor yang bisa memnyebabkan posisi janin sunsang, diantaranya yaitu berasal dari kondisi janin itu sendiri. Misalnya, jika ukuran janin lebih kecil dari ruangan rahim ibu, akibatnya janin akan bebas berputar di rahim ibu.

BACA:  Penilaian Jumlah Cairan Amnion

Jika kondisi ini terjadi di masa akhir kehamilan, besar kemungkinan janin tersebut berada pada posisi sungsang saat hendak melahirkan. Sebaliknya jika janin terlalu besar untuk ruangan rahim ibu besar kemungkinan ia juga akan mengalami sungsang karena posisi kepalanya sulit berputar kearah bawah.

Pada ibu yang mengandung bayi kembar, kemungkinan terjadinya sungsang pada salah satu janin juga lebih besar. Hal tersebut disebabkan janin yang kepalanya berputar ke arah bawah lebih dulu akan membuat rongga panggul ibu susah dilalui janin kembarannya, sehingga membuat posisi kembarannya sulit berputar.

Penyebab lain bayi sungsang yaitu antara lain bentuk rahim si ibu yang tidak normal, air ketuban yang terlalu banyak, atau karena adanya tumor atau miom dalam rahim ibu.

Selain itu, bayi sungsang juga bisa disebabkan karena posisi plasenta yang berada di bawah sehingga menutupi jalan lahir (placenta previa), bayi terlilit tali pusat, kepala bayi yang terlampau besar (hidrosefalus), serta multiparitas yaitu kehamilan pada anak ke 2, 3, 4 dan seterusnya yang jarang terjadi pada kehamilan pertama.

Mendeteksi Bayi Sungsang

Untuk mengatahui posisi bayi anda sungsang atau tidak sudah bisa dilihat sejak trisemester kedua tentunya dengan pemeriksaan dari dokter kandungan anda misalnya dengan menggunakan ultrasonografi, atau secara manual, yaitu dokter akan meraba bagian luar perut ibu, dengan indikasi bila bagian yang paling keras dan besar berada di sisi atas maka bayi diduga dalam posisi sungsang.

BACA:  Fenomena Retraksi Uterus

Merubah Posisi Bayi Sungsang

Jika posisi sungsang janin telah terlihat pada usia kehamilan 7 hingga 8 bulan, maka masih ada kemungkinan dilakukan koreksi untuk merubah posisi janin yaitu dengan melakukan posisi bersujud 5-10 menit sebanyak 2 kali sehari.

Bila posisi ini dilakukan dengan baik dan teratur, kemungkinan besar bayi yang sungsang dapat kembali ke posisi normal. Posisi bersujud ini tidak berbahaya karena secara alamiah memberi ruangan pada bayi untuk berputar kembali ke posisi normal.

Hanya saja, posisi ini dapat membuat ibu merasa tidak nyaman dan sesak jika dilakukan terlalu lama. Jadi, sebaiknya jika ibu sudah merasa sesak, hentikan dahulu gerakan ini, ibu bisa memulainya kembali di lain waktu.

Selain cara di atas, dokter juga dapat melakukan koreksi dari luar yaitu dengan cara memutar janin hingga ke posisi seharusnya. Untuk melakukan tindakan ini terdapat beberapa kondisi yang disyaratkan, yaitu tidak ada lilitan tali pusat pada bayi, tidak ada kondisi hidrosefalus, tidak ada kondisi placenta previa, tidak ada miom, dan ukuran bayi tidak lebih besar dari panggul ibu.

Tindakan koreksi luar sebaiknya dilakukan setelah kehamilan memasuki usia 34 minggu, namun saat ini tindakan ini jarang dilakukan karena selain membuat ibu merasa sakit, juga berbahaya bagi janin jika dilakukan secara paksa.

BACA:  Pengertian Dan Faktor Bayi Lahir Mati

Bahaya Persalinan Normal Pada Bayi Sungsang

Pada persalinan sungsang dimana posisi bokong bayi keluar lebih dulu, waktu yang tersedia bagi bayi hingga keseluruhan tubuh dan kepalanya keluar yaitu hanya 8 menit, dimana hanya dalam waktu 8 menit itulah kapasitas oksigen yang dimiliki bayi, lebih dari waktu tersebut dikhawatirkan bayi akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan kematian.

Persalinan sungsang yang dilakukan per Miss Vl juga bisa menyebabkan pendarahan otak pada bayi. Proses kelahiran ini juga dirasakan sangat berat bagi si ibu, dimana membutuhkan ekstra tenaga dari ibu untuk dapat mengeluarkan bayinya secara keseluruhan, jika tidak kuat akibatnya bisa fatal, yaitu bayi bisa terjepit dijalan lahir.

Masih bisa melahirkan normal

Meski terdapat beberapa resiko kelahiran normal per Miss Vl pada bayi sungsang, namun untuk beberapa kasus, kelahiran normal masih bisa dilakukan jika memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Ukuran bayi kecil, tidak lebih dari 3,5 kg.
  • Bukan kehamilan pertama.
  • Posisi kepala janin normal yaitu menunduk menghadap kebawah.
  • Panggul ibu cukup luas untuk ukuran bayi.
  • Bayi tidak dalam kondisi terlilit usus.

Demikian penjelasan kami seputar bayi sungsang. Jika ada pertanyaan seputar masalah ini, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini.

JANGAN LEWATKAN