Tanda-Tanda Keguguran Ibu Hamil


Selalu Memeriksakan Kandungan Untuk Menghindari KeguguranSetiap kali membicarakan masalah keguguran, wanita menjadi takut dan enggan untuk membicarakannya karena hal itu akan meninggalkan dampak yang mendalam pada dirinya. Tetapi apa yang di maksud dengan keguguran, apa saja penyebab keguguran, tanda-tanda keguguran, dan mungkin makanan penyebab keguguran, dll? mungkin sederetan pertanyaan itu menjadi hal yang penting dan bahkan menjadi pertanyaan besar bagi anda yang sekarang sedang hamil. Harapannya, dengan mengetahui hal-hal di atas, masalah keguguran bisa di hindari.

Pengertian keguguran merupakan keluarnya janin sebelum waktu dia mampu hidup di luar kandungan (usia janin belum mencapai dua puluh minggu dalam kandungan). Dengan proses keguguran ini, berarti berakhir pulalah proses kehamilan itu.

BACA:  Pengertian Dan Faktor Bayi Lahir Mati

Keguguran atau yang sering di sebut Keguguran ini dibagi menjadi 2 bagian :


  • Keguguran spontan yang merupakan berakhirnya proses kehamilan karena janin keluar (tidak disengaja) sebelum usia janin 22 minggu.
  • Keguguran yang disengaja atau dalam istilah kedokteran disebut Keguguran provocatus. Artinya mengeluarkan janin dengan sengaja di mana janin belum mampu bertahan di luar kandungan.

hal ini bisa jadi karena tindakan medis, misalnya karena kondisi ibu & janin akan berbahaya jika janin tidak dikeluarkan atau karena penyakit tertentu. Selain itu bisa karena tindakan kriminal, misalnya karena akibat hubungan seks bebas, korban perkosaan, dll.

 
BACA:  Komplikasi Yang Sering Terjadi Pada Kehamilan

Tanda-Tanda Keguguran.

Biasanya akan ada tanda-tanda keguguran sebelum proses keguguran itu terjadi. Tanda-tanda keguguran antara lain :

  • Terjadi Kram atau Kejang pada Perut.

Tanda keguguran ini hampir sama dengan yang seperti terjadi pada kram perut pada saat mau menstruasi. Biasanya kejang perut ini terjadi secara berulang dalam jangka waktu yang relatif lama. Kram/kejang perut ini juga bisa terjadi di sekitar daerah panggul.

  • Pendarahan.

Pendarahan merupakan tanda keguguran yang paling biasa terjadi. Pendarahan ini berupa hanya bercak darah yang terjadi dalam waktu lama hingga terjadi pendarahan yang hebat. Malah kadang ada bagian jaringan yang ikut keluar bersama darah.

  • Rasa Sakit Dan Nyeri.
BACA:  Perdarahan Pasca Persalinan

Tanda-tanda keguguran yang lain adalah rasa sakit dan nyeri di bagian bawah perut, bisa juga di bagian selangkangan dalam jangka waktu yang lama

Jika anda mulai merasa tanda-tanda keguguran seperti di atas, sebaiknya anda segera pergi ke Rumah Sakit. Semoga dengan tindakan yang cepat dan tepat, hal-hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. Baca juga tentang penyebab keguguran

JANGAN LEWATKAN