Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui


Mengencangkan Payudara Setelah MenyusuiMenyusui adalah proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan air susu ibu (ASI) dari payudara ibu. Bayi menggunakan refleks menghisap untuk mendapatkan dan menelan susu.

Menyusui menjadi salah satu tugas mulia Ibu. Dengan memberikan ASI eksklusif berarti ibu telah membantu mencerdaskan dan menjaga kesehatan si keci. Sayangnya, aktivitas menyusui terkadang bisa membuat payudara ibu menjadi kendur.

Payudara merupakan salah satu aset yang harus dijaga keindahannya. Oleh  k arena itu, tak ada salahnya ibu melakukan perawatan payudara setelah menyelesaikan tugas mulia, memberikan ASI untuk si kecil.


Berikut ini cara alami yang bisa membantu mengencangkan payudara kembali setelah menyusui :

 
BACA:  Manfaat Luar Biasa Memberi ASI Pada Bayi

1.   Mengkonsumsi pepaya

Pepaya muda memiliki kandungan enzim yang dapat membantu dalam pertumbuhan payudara. Selain itu, enzim pepaya juga mengandung vitamin A dan hormon pengencang yang bisa merangsang produksi hormon wanita (estrogen, progesteron, dan prolaktin), serta memperlancar kelenjar susu dan mengencangkan payudara. Caranya, buat jus pepaya mangkal sebanyak satu mangkuk. Anda bisa menambahkan susu kedelai, madu atau perasan jeruk nipis dalam jus pepaya. Minum secara teratur dua hari sekali. Kandungan phyto-estrogen kedelai sangat baik untuk payudara.

2.   Masker payudara

Usaha mengencangkan payudara juga bisa dilakukan dengan menggunakan masker yang terbuat dari bahan tepung beras atau Amylum Oryzae. Tepung ini berkhasiat untuk menghaluskan kulit, mengencangkan payudara, dan memperindah bentuk payudara , serta memperlambat penuaan dini.

BACA:  Fakta Pemijatan Pada Ibu Hamil

Cara untuk melakukan masker payudara :

  • Berbaringlah dengan posisi telentang
  • Bersihkan payudara menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat sebelumnya
  • Usapkan dengan lembut pada kulit kemudian keringkan
  • Sebelum dimasker, oleskan terlebih dahulu minyak bulus disertai pijatan perlahan selama 10 sampai 15 menit
  • Bersihkan payudara dengan handuk basah kemudian keringkan
  • Tutup puting susu dengan kapas yang sudah dibasahi
  • Oleskan merata masker tepung beras yang sudah dicampur air mawar dengan kuas. Biarkan selama 10-15 menit atau sampai mengering.
  • Bilas payudara dengan air hangat hingga bersih, kemudian kompreslah dengan es. Beri tepukan lembut pada payudara dengan kapas yang telah dibasahi penyegar.
BACA:  Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Selama Masa Kehamilan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan masker payudara seminggu sekali, berturut-turut, selama 10 minggu.

Olah raga

Bagian payudara juga membutuhkan olahraga atau senam untuk merangsang otot-otot pektoralis mayor dan minor sebagai penggantung payudara. Aliran darah yang lancar serta otot penggantung yang kencang bisa membuat payudara menjadi lebih bugar, kencang, dan terangkat.

Lakukanlah latihan yang bisa merangsang pembesaran otot-otot pektoralis. Dengan berkembang dan membesarkan otot ini, secara otomatis akan menambah ukuran payudara.

JANGAN LEWATKAN