Perkembangan Bayi Hingga Usia 1 Tahun


Tahap Perkembangan Bayi Hingga Usia 1 TahunPerjalanan usia yang dilalui bayi dari waktu ke waktu akan ditandai dengan perkembangan aktivitas. Bayi bukan hanya bertumbuh, tapi juga berkembang seiring dengan umurnya. Dan, setiap tahapan umur yang dilaluinya akan menunjukkan perkembangan yang ditandai lewat kemajuan aktivitasnya.

Setelah sembilan bulan di dalam kandungan, bayi Anda akan menjadi akrab dengan lingkungan sekitarnya. Suara akrab Anda sebagai ibu akan menghibur bayi yang sedang menangis. Bayi biasanya melihat hanya melihat objek yang datang dan pergi. Mendorong pengembangan penglihatan bayi Anda dengan menunjukkan Objek yang berwarna cerah dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Bayi berusia 3 bulan akan memiliki lebih banyak kontrol gerak. Bayi Anda akan mengeluarkan suara-suara yang lebih vokal. Bayi Anda akan menjadi lebih ekspresif. Berhati-hatilah dari gerakan Anda, karena bayi Anda akan mencoba meniru gerakan Anda dan ekspresi wajah Anda.


BACA:  Cara Sehat Agar Produksi ASI Banyak Keluar dan Berlimpah

Bayi berusia 5 bulan akan lebih banyak melakukan gerakan dalam berbagai pose. Hati-hatilah Anda ketika bayi sedang tertidur karena mereka suka tempat yang luas. Lebih baik bayi Anda di tidurkan di box atau dihalangin oleh batal-batal besar di samping kanan kiri letak bayi Anda tidur. Bayi Anda akan mulai mengenali nama-Nya sendiri. Bayi sudah bisa memegang botol susu mereka sendiri sehingga meringankan tugas ibu. Sebagai Orangtua biasakan untuk mengajak ngobrol bayi Anda dengan bahasa yang baik. Karena otak mereka sedang berkembang menerima masukan ilmu dari luar.

 

Bayi Anda sangat menyadari Orangtuanya cinta kepada mereka tanpa syarat. Bayi berusia 7 bulan akan mulai belajar duduk sendiri. Tulang punggung mereka sudah kuat untuk menahan badan. Jangan lakukan ketika bayi Anda masih berusia sekitar 3-4 bulan. Karena tulang punggung masih belum kuat menahan badan mereka sendiri. Kalau dipaksakan maka bayi bisa menderita sembilit atau susah buang air besar karena tulang pantat mereka belum kuat menahan beban. Bayi akan mencoba belajar merangkak dengan menggunakannya lengannya.

BACA:  Nutrisi Tepat Agar Bayi Sehat Dan Cerdas

Ada sebagaian bayi yang sudah bisa belajar berdiri sejak usia 9 bulan. Semua tergantung kepada bayi masing-masing. Karena setiap bayi perkembangan akan selalu beda antara satu dengan yang lainnya. Walaupun secara garis besar akan sama. Ketika bayi sudah mulai belajar berdiri Anda sebagai Orangtua harus lebih waspada. Karena bayi akan mencoba setiap ilmu baru yang mereka coba. Walaupun terkadang hal itu membuat khawatir Anda sebagai Orangtuanya. Tetapi Anda sebagai orangtua juga tidak boleh terlalu melarang bayi Anda melakukan berbagai gerakan. Karena hal itu akan menyebabkan perkembangan tumbuh kembang bayi akan terganggu.

BACA:  Memilih Tempat Tidur Bayi Yang Terbaik

Banyak bayi ketika usia 1 tahun sudah bisa berdiri dan berjalan tertatih-tatih. Usahakan ketika bayi Anda sedang belajar berjalan Anda ada disamping mereka untuk memberi dukungan dan motivasi untuk lebih maju. Mereka juga sudah bisa memanggil Anda sebagai Orangtuanya walapun masih belum jelas. Biasakan Anda bercerita atau menemani mereka ketika bayi Anda sedang menonton tv ataupun kaset dvd anak-anak. Terlalu sering menonton tv juga tidak terlalu baik untuk perkembangan bayi.

Anda sebagai Orangtua biasakan untuk dekat dengan bayi Anda karena bisa membangun hubungan yang bagus antara bayi dan Orangtuanya. Jangan pernah menyiakan mereka. Karena Bayi adalah garis penerus keturunan Anda kelaknya.

JANGAN LEWATKAN