Perubahan Aneh Selama Masa Kehamilan


Berkeringat Dan Sering Merasa Haus Selama Masa KehamilanKehamilan adalah salah satu perubahan fisik terbesar yang dialami perempuan. Sejumlah perubahan luar biasa akan terjadi dalam tubuh dan hidup Anda.

Selama masa kehamilan, anda akan merasakan berbagai macam perubahan yang terjadi tak hanya secara fisik saja namun juga secara emosional. Dan dari semua perubahan yang muncul tersebut, terkadang ada beberapa efek kehamilan yang akan terasa aneh, apalagi jika ini adalah kehamilan yang pertama untuk anda.

Berikut ini adalah sedikit ulasan menarik mengenai efek kehamilan yang aneh tersebut yang mungkin akan anda alami selama masa kehamilan di antaranya :


1.   Keluarnya Cairan dari Vagina

 

Pada masa kehamilan, merupakan hal yang wajar jika ada cairan berwarna putih bening atau kekuningan yang keluar dari area genital anda. Cairan ini akan terus keluar sampai beberapa hari setelah persalinan dan tidak berbahaya selama cairan tersebut tidak mengeluarkan bau yang busuk dan tidak menimbulkan rasa gatal atau sensasi terbakar. Keluarnya cairan ini bisa disebabkan oleh meningkatnya jumlah hormon yang di produksi oleh tubuh serta peredaran darah yang ada di dalam Miss V. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan pembalut tipis untuk melapisi celana dalam yang anda gunakan. Sebaiknya, hindari juga penggunaan sabun pembasuh kewanitaan karena hal tersebut bisa menyebabkan iritasi.

BACA:  Ultrasonografi Kantong Gestasi Kehamilan Trimester I

2.    Tak Sengaja Mengompol saat Tertawa Keras atau Bersin

Selama masa kehamilan, anda dituntut untuk banyak minum air putih dan cairan lain agar kebutuhan cairan serta nutrisi anda dapat terpenuhi. Hal ini tentu juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah cairan yang tertampung di dalam kandung kemih anda. Dan seiring dengan semakin membesarnya perkembangan janin di dalam kandungan, posisi kandung kemih pun menjadi ikut tertekan. Akibatnya, anda seringkali lepas kontrol atau tidak sengaja mengompol ketika tertawa dengan keras atau bersin. Untuk mengatasi hal ini, anda sebaiknya sering pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil meskipun tidak ada dorongan yang kuat untuk hal tersebut.

BACA:  Informasi Pertumbuhan Kista Endometriosis

Semakin anda sering menahan kencing, maka akan semakin besar pula peluang anda untuk tidak sengaja mengompol saat tertawa ataupun bersin. Anda juga bisa menggunakan pembalut yang agak tebal dan membawa beberapa celana dalam cadangan di dalam tas anda untuk menghindari kalau kalau anda tidak memiliki kesempatan untuk buang air kecil karena sedang berada di sebuah pertemuan penting atau sedang berada di jalan. Selain tindakan prefentif diatas, anda juga bisa mencoba melakukan latihan super kegel untuk melatih otot Miss V anda.

3.   Berkeringat dalam Jumlah yang Banyak

Selama masa kehamilan, sebagian besar dari anda pasti akan merasakan kegerahan yang teramat sangat serta berkeringat dalam jumlah yang sangat banyak. Aktifitas kecil yang anda lakukan pun terkadang akan membuat anda merasa sangat kepanasan dan benar-benar berkeringat. Apa yang menjadi penyebab terjadinya hal ini? Saat anda sedang hamil, metabolisme yang terjadi di dalam tubuh jauh lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, peredaran darah dalam jumlah yang lebih besar yang terjadi pada tubuh anda juga membuat tubuh menjadi lebih hangat.

BACA:  Keuntungan dan Kerugian Vasektomi Tuba

Nah hanya dengan mengeluarkan keringat inilah, tubuh anda bisa mengurangi panas yang ada di dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan bedak atau deodoran di bawah ketiak anda serta menggunakan baju hamil yang nyaman dan menyerap keringat.

JANGAN LEWATKAN