Genetik Ibu Mempengaruhi Kecerdasan Anak


Genetik Ibu Mempengaruhi Kecerdasan AnakDOKTERANAK.WEB.ID – Anak yang cerdas kemungkinan besar terlahir dari seorang ibu yang juga cerdas.

Demikian menurut neurolog sekaligus Kabid Pemeliharaan Peningkatan Intelegensia Depkes RI, Adre Mayza, Sp.K (K) dalam acara seminar Optimalisasi Peningkatan Intelegensia Otak di Jakarta baru-baru ini.

Menurut Adre, dasar pembentukan intelegensia seorang anak dipengaruhi oleh setidaknya tiga faktor, yaitu nutrisi, stimulasi dan faktor genetik atau keturunan.


Yang menarik adalah faktor genetik. Dijelaskan Adre, seorang anak yang cerdas biasanya lahir dari ibunya yang juga cerdas.

 

Meski tidak berpengaruh sepenuhnya, kadang ada juga anak yang terlahir cerdas dari kedua orang tuanya yang cerdas. “Gen Ibu lebih banyak berperan pada kecerdasan anak,” tambahnya.

BACA:  Tahap Proses Bayi Tabung

 “Jadi kalau cari suami nggak perlu yang pintar-pintar amat, tapi kalau cari istri kalau bisa yang pintar”, demikian saran Adre menyinggung soalnya rendahnya pengaruh genetik suami terhadap kecerdasan anak. **

JANGAN LEWATKAN