Tips Menyiapkan Ibu dan Keluarga Untuk Membantu Proses Pimpinan Meneran


https://www.dokteranak.web.id/artikel1. Memberi  tahu ibu pembukaan sudah lengkap dan keadaan janin baik. Membantu ibu berada dalam posisi yang nyaman sesuai  dengan keinginannya.

a. Menunggu hingga ibu mempunyai keinginan untuk meneran. Melanjutkan pemantauan kesehatan dan kenyamanan ibu serta janin sesuaidengan pedoman persalinan aktif dan mendokumentasikan temuan-temuan.

b. Menjelaskan kepada anggota keluarga bagaimana mereka dapat mendukung dan memberi semangat pada ibu  saat mulai meneran.


2. Meminta bantuan keluarga untuk menyiapkan posisi ibu untuk meneran. (pada saatada his, bantu ibu dalam posisi setengah duduk  dan pastika ia merasa nyaman).

 

3. Melakukan pimpinan meneran saat ibu mempunyai dorongan yang kuat untuk meneran :

BACA:  Tips dan Cara Memilih Pakaian Bayi

a. Membimbing ibu untuk meneran  saat ibu mempunyai keinginan untuk meneran.

b. Mendukung dan memberi semangat atas usaha ibu untuk meneran.

c. Membantu ibu mengambil posisi yang nyaman sesuai dengan pilihannya (tidak meminta ibu berbaring terlentang)

d. Menganjurkan ibu untuk beristirahat diantara kontraksi.

e. Menganjurkan keluarga untuk mendukung dan memberi semangat pada ibu.

f. Menganjurkan asupan cairan per oral.

g. Menilai DJJ setiap lima menit.

h. Jika bayi belum lahir atau kelahiran bayi belum akan terjadi segera  dalam waktu 120 menit (2 jam) meneran untuk ibu primipara atau 60 menit (1 jam) untuk ibu multipara, merujuk segera. jika ibu tidak mempunyai untuk meneran.

BACA:  Kondisi Kesehatan Yang Sehat Bagi Ibu Hamil Walaupun Saat Bekerja

i. Menganjurkan ibu untuk berjalan, berjongkok, atau mengambil posisi yang aman. Jika ibu belum ingin meneran dalam waktu 60 menit, anjurkan ibu untuk mulai meneran. Pada puncak kontraksi-kontraksi tersebut dan beristirahat di antara kontraksi.

j. Jika bayi belum lahir atau kelahiran bayi belum akan terjadi segera setelah 60 menit meneran, merujuk ibu dengan segera.

JANGAN LEWATKAN