Sumber Utama Infeksi Pada Bayi


https://www.dokteranak.web.id/artikelInfeksi berasal dari 2 sumber utama, ibu dan lingkungan, termasuk didalamnya tempat persalinan, tempat perawatan dan rumah.

Infeksi yang terjadi pada hari pertama kehidupan pada umumnya berasal dari kontak dengan mikroorganisme yang berasal dari ibu.

Infeksi yang terjadi setelah itu lebih sering berasal dari lingkungan mungkin tampak pada saat persalinan. Bagaimanapun tindakan yang dilakukan selama persalinan dapat menjadi penyebab potensial terjadinya infeksi.


Hasil pengobatan akan menjadi jauh lebih baik apabila tanda infeksi dapat dikenali secara dini dan segera dilakukan pengobatan yang tepat dan sesuai.

 
BACA:  Pemberian Antibiotika Profilaksis dan Batasannya

Di negara berkembang insidensi infeksi berkisar antar 1: 10/1.000 pada persalinan cukup bulan dan lebih sering terjadi pada persalinan prematur.

Penyebab utama adalah Escherichia coli, tetapi juga mungkin juga bakteria yang lain, sedangkan di negara yang lebih maju grup B- Streptococci, salmonella, dan Streptococcus pneumoniae, Listeria monocytogenes. Infeksi karena Staphylococcus aureus pada umumnya ditularkan oleh petugas pelayanan.

Perkiraan kematian yang terjadi karena tetanus adalah sekitar 550.000; lebih dari 50 % kematian yang terjadi di Afrika dan Asia Tenggara.

Infeksi pada tali pusat pada umumnya menjadi tempat masuk utama bakteri, terutama apabila diberikan sesuatu yang tidak steril seperti apa yang biasa dilakukan oleh dukun bayi.

JANGAN LEWATKAN