Waspada Diabetes Gestasional Pada Masa Kehamilan


Awas Diabetes Gestasional Pada Ibu HamilGestational diabetes adalah tipe diabetes yang hanya terjadi pada masa kehamilan. Kebanyakan wanita yang mengalaminya berlanjut menjadi diabetes tipe 2.

Untuk mengurangi resiko menjadi diabetes tipe 2 maka wanita yang tengah hamil dan mengalami diabetes gestational di saranakan untuk melakuakan penyesesuaian gaya hidup.

Diabetes gestasional merupakan kondisi di mana kadar gula darah Anda lebih tinggi saat Anda sedang hamil dan biasanya akan kembali normal setelah bayi lahir. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah bagi Anda dan bayi. Bayi mungkin akan tumbuh terlalu besar sehingga menyebabkan masalah selama persalinan. Bayi juga berisiko lahir dengan gula darah rendah. Tetapi dengan pengobatan, kebanyakan wanita yang menderita diabetes gestasional mampu mengontrol gula darah dan melahirkan bayi yang sehat pula.


BACA:  Mengenal Gejala Kista Yang Tumbuh Di Ovarium

Wanita yang telah menderita diabetes gestasional lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari ketimbang wanita lain. Anda masih bisa mencegah atau mengurangi keparahan diabetes tipe 2 dengan tetap memiliki berat badan sehat, mengonsumsi makan sehat, dan meningkatkan aktivitas fisik Anda.

 

Penyebab Diabetes Gestational

Pankreas memproduksi hormon insulin yang berfungsi membantu tubuh menggunakan dan menyimpan gula dari makanan yang Anda makan. Hal ini membuat tingkat gula darah Anda berada dalam kondisi normal. Bila Anda sedang hamil, plasenta memproduksi hormon yang dapat membuat insulin lebih sulit bekerja. Kondisi ni disebut resistensi insulin.

Seorang wanita hamil bisa menderita diabetes saat pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menjaga kadar gula darahnya dalam batas normal.

BACA:  Komplikasi Yang Sering Terjadi Pada Kehamilan

Gejala Diabetes Gestational

Diabetes gestasional terkadang tidak menimbulkan gejala, maka perlu dilakukan pengujian untuk memastikannya. Terkadang seseorang tidak menyadari jika telah menderita penyakit diabetes aebelumnya. Jika Anda memiliki diabetes jenis lain, maka tubuh akan menunjukkan tanda berikut ini :

  • Peningkatan rasa haus
  • Peningkatan frekuensi buang air keci
  • Rasa lapar meningkat
  • Penglihatan kabur

Kehamilan menyebabkan kebanyakan wanita lebih sering buang air kecil dan merasa lebih lapar. Jadi memiliki gejala-gejala ini tidak selalu berarti bahwa seorang wanita memiliki diabetes. Bicarakan dengan dokter jika Anda mengalami gejala tersebut, sehingga Anda dapat diuji untuk diabetes setiap saat selama kehamilan.

BACA:  Penggunaan Color Doppler Velocimetry Pada Pembuluh Darah Janin

Pengobatan

Beberapa wanita dengan diabetes gestasional dapat mengontrol kadar gula darah mereka dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan berolahraga secara teratur. Kebiasaan sehat ini bermanfaat untuk membantu mencegah diabetes gestasional pada kehamilan berikutnya dan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Pengobatan untuk diabetes gestasional juga termasuk memeriksa tingkat gula darah Anda di rumah dan memeriksakan diri ke dokter secara teratur. Bila perlu Anda akan diberikan suntikan insulin guna membantu mengontrol gula darah Anda.

Pil yang disebut glyburide dan metformin dapat digunakan untuk diabetes tipe 2. Beberapa dokter menggunakan pil ini untuk mengobati wanita yang menderita diabetes gestasional.

JANGAN LEWATKAN